Katalog SIPLAH | KIREINA MEDIA

Katalog SIPLAH Blibli

TIPS MEMILIH MEJA LABORATORIUM KOMPUTER YANG BERKUALITAS

Ini dia Rekomendasi Meja Lab. Komputer Sekolah yang Berkualitas dan Nyaman digunakan

Sebagai bagian dari sarana prasarana sekolah dalam mencapai visi dan misinya, sekolah tentu memiliki menyelenggaraan laboratorium sesuai bidang dan kejuruan masing-masing. Namun diantara berbagai macam fungsi dalam penyelenggaraan laboratorium, yang paling umum dan banyak dimiliki oleh sekolah yaitu Laboratorium Komputer. Karena kebutuhan Laboratorium ini sangat vital, selain sebagai sarana praktikum siswa, kebanyakan Laboratorium Komputer juga menjadi wajib disediakan dalam penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Oleh karena itu secara fungsional keberadaan laboratorium sangat menunjang keberlangsungan suatu pendidikan di sekolah.

Meja Laboratorium Komputer

Dalam penyelenggaraan Laboratorium Komputer, setelah ruangan tersedia, berikutnya adalah penyediaan kebutuhan meubeler penunjang. Diantaranya Meja Guru Praktik, Lemari buku, Lemari Penyimpanan, Lemari Penitipan Barang (Rak Kabinet), dan Set Meja Kursi Komputer tentunya. Dalam pemilihan jenis meubeler yang tepat, kita juga harus memikirkan desain penataan ruang (layout) ruang Laboratorium Komputer tersebut. Apakah menggunakan konsep centralized, yaitu semua siswa menghadap ke Guru di depan kelas, ataukan konsep alternatif seperti ruang diskusi, dimana siswa melingkar mengikuti sisi ruangan, sementara guru berdiri di tengah mereka. Hal inilah yang menjadi salah satu pertimbangan sekolah dalam penyelenggaraan Laboratorium Sekolah.



Sering kita lihat berbagai model dan bentuk meja komputer, baik di rumah maupun di sekolah. Setidaknya meja komputer bisa menampung satu pengguna beserta peralatan komputer tunggalnya, serta peripheral pendukung lainnya. Berbeda jika kebutuhan komputer jaringan yang memiliki banyak komputer serta terkoneksi dengan jaringan LAN yang menggunakan banyak kabel data serta kabel beraliran listrik di dalam instalasinya. Kita harus memikirkan penataan yang lebih komplek terutama kerapian penataan kabel dan sirkulasi untuk mobilitas siswa-siswi saat belajar di ruang laboratorium komputer. Model meja komputer yang nyaman dan sesuai standar instansi sekolah mestinya harus mengutamakan faktor keselamatan pengguna dan kenyamanan siswa belajar.

Meja Komputer tergolong dalam meubeler khusus, dalam arti memiliki fungsi sesuai namanya yaitu meja yang difungsikan sebagai meja kerja menggunakan peralatan komputer dan piranti pendukung lainnya. Maka dari itu berbagai aspek dalam pemilihan jenis meja komputer ini perlu kita pertimbangkan dengan baik agar nantinya sarana ini menjadi tepat guna dan mampu memberikan benefit secara jangka panjang. Berbagai aspek penting dalam pemilihan meja komputer sekolah diantaranya : 
  1. Sesuaikan ukuran meja komputer
  2. Perbandingan Tinggi Meja dan Kursi yang proposional
  3. Material Meja dan Kursi
  4. Model dan Desain Meja
  5. Perawatan

Ukuran Meja Komputer



Berikut ini rekomendasi kami mengenai ukuran meja komputer dengan memperhatikan faktor kenyamaan pengguna. Meja Komputer bersekat dengan model 3 in 1, dimana 1 meja bisa menampung 3 pengguna (user). Hal ini selain dapat meminimalisir ruang, juga memperhatikan faktor konsentrasi dalam bekerja dengan penambahan sekat di tiap-tiap user.

Ukuran panjang meja = 240 cm, lebar = 60 cm dan tinggi tatakan meja 75 cm. Sementara untuk sekat kami tambahkan di atas meja setinggi 45 cm. Cukup proposional untuk melindungi perangkat monitor komputer, namun tidak menghalangi pandangan siswa dalam berinteraksi dengan guru dan teman sejawatnya.

Perbandingan Tinggi Meja dan Kursi yang Proposional

Umumnya tinggi meja standar adalah 72-76 cm. Sedangkan setiap bilah meja kerja memiliki ruang 60x80 cm, cukup memadai untuk meletakkan monitor PC dengan ukuran 24 inch (setara 53x30 cm). Sedangkan untuk kursi umumnya memiliki ukuran tatakan 38x38 cm dengan tinggi 46-50 cm. Namun hal ini tidak menjadi standar ukuran kursi, yang terutama adalah aspek kenyamanan pengguna, tidak menyakiti badan dan bisa lebih rileks dalam beraktifitas.

Material Meja 

Dalam pemilihan material, kami tetap berpedoman bahwa hingga saat ini bahan terkuat adalah besi. Lalu kemudian besi mudah dibentuk dan dirangkai, tentunya menggunakan las listrik. Meja Komputer kami rancang dengan rangka besi supaya meja lebih kokoh, stabil, tidak melengkung (berubah bentuk), khususnya karakteristik pada material kayu. Hal ini akan mengganggu dalam aktifitas kerja apabila meja goyang dan pincang. 

Kemudian untuk sisi dan sekat kami menggunakan bahan hardplex yang dilapis dengan PVC Sheet, untuk menjaga dari faktor suhu dan kelembapan. PVC juga memiliki keunggulan melindungi dari rayap serta mudah dibersihkan.

Penambahan karet kaki juga dianjurkan pada meja ini, karena untuk menjaga supaya lantai tidak rusak karena goresan kaki meja.

Model dan Desain Meja

Pemilihan meja dengan sekat (partisi) dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan pada pengguna supaya dapat bekerja lebih tenang, konsentrasi, fokus dan tidak mudah terganggu. Area tatakan meja yang luas dan memadai untuk bekerja, dengan dilengkapi lubang sirkulasi kabel. Model meja 3 in 1 dirancang guna menghemat space pada ruangan laboratorium. Ukuran panjang meja yang tidak terlalu besar sehingga mudah untuk digeser guna penataan ruang yang lebih estetika.













Perawatan

Meja rangka besi pada umumnya menggunakan finishing cat besi. Selain lebih customable, karena anda dapat memilih variasi warna cat sesuai selera. Lapisan cat memiliki fungsi utama sebagai pencegah korosif. Saya rasa apabila meja ini tetap dalam ruangan yang terjaga dari cuaca, seperti panas dan hujan, maka ketahanan cat juga akan lama. Perawatan rutinnya kemungkinan hanya karena debu, dan itu cukup mudah bagi anda merawatnya. Cukup gunakan kain bawah untuk membersihkannya.

Baiklah, demikian persembahan Meja Komputer produksi Kireina Media Bangka. Kami melayani kebutuhan sekolah khususnya di pulau Bangka, dan toko kami sudah teregistrasi melalui SIPLAH Blibli untuk kemudahan pelayanan transaksi dengan para pemangku sekolah.
Jelajahi produk meubeler rangka besi dari Kireina Media, untuk kebutuhan meubeler sekolah yang berkualitas, pelayanan prima serta berbagai benefit lebih untuk Anda.

Terima kasih
Ayo pesan segera di :

KIREINA MEDIA BANGKA
Workshop :
Jl. M. Syafrie Rachman, Simpang Kusam, Belinyu, Bangka
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, 33254
Telp / WA. 085357450091



Tidak ada komentar

Selamat Datang di Kireina Media. Terima kasih telah mengunjungi Website kami dan berpartisipasi positif untuk kami. Semoga interaksi ini bisa mewujudkan suatu kebaikan, bisa berujung sebuah kerjasama yang saling menguntungkan. Salam silaturahmi kami untuk Anda.

Diberdayakan oleh Blogger.