Katalog SIPLAH | KIREINA MEDIA

Katalog SIPLAH Blibli

PERANCANGAN PLANG PENUNJUK ARAH DAN RAMBU DI SEKOLAH

PERANCANGAN PLANG PENUNJUK ARAH 

DAN RAMBU DI SEKOLAH





Plang penunjuk arah (Directional Signage)  dapat berarti sebuah visual, tanda apa saja yang dapat digunakan untuk menandai konstruksi dan mengarahkan petunjuk arah bagi pengunjung. Umumnya plang penunjuk arah dibuat dengan arsitektur yg terdiri dari sistem arah, indikator arah baik di dalam atau di luar ruangan, tanda monumental besar di luar ruangan atau simbol identitas yang dipersonalisasi.

Selama beberapa tahun, Kireina Media telah membuat plang penunjuk arah untuk memenuhi kebutuhan sekolah dan perkantoran. Berbagai model dan jenis bahan sesuai kebutuhan instansi Anda, tim kami yang berpengalaman siap membantu Anda dari awal hingga akhir. Anda bisa mengandalkan kami untuk membantu semua kebutuhan signage Anda mulai dari ide desain, dukungan grafis, kontruksi, dan hingga pemasangan.

Plang Penunjuk Arah khusus luar ruangan (signage eksterior) kami rancang secara unik untuk memenuhi berbagai selera. Paket tersebut sudah termasuk rambu identifikasi bangunan, rambu penunjuk jalan, plang rambu moveable, rambu petunjuk bangunan, rambu penyeberangan, rambu parkir, dll

SOLUSI PENGADAAN PLANG PENUNJUK ARAHSOLUSI PENGADAAN PLANG PENUNJUK ARAH

SOLUSI PENGADAAN PLANG PENUNJUK ARAHSOLUSI PENGADAAN PLANG PENUNJUK ARAHSOLUSI PENGADAAN PLANG PENUNJUK ARAH


Diperlukan perancangan sign system dan wayfinding sebagai media informasi yang mengarahkan pengunjung (masyarakat sekolah) agar lebih tertib dan mempermudah urusan birokrasi. Dalam perancangan plang penunjuk arah ini tentunya harus bisa menguatkan pesan informasi dengan cara pendekatan artistik dan komunikatif. Metode kreatif dari Kireina Media menggunakan pendekatan visual dengan pemakaian simbol tertentu, pemilihan jenis huruf dan warna pada desain plang penunjuk arah disesuaikan dan diadaptasi dari warna-warna yang sudah digunakan pada bangunan sekolah klien. Sebagai media pendukung dari plang penunjuk arah ini, kami juga merancang sebuah peta denah sekolah (Siteplan Sekolah) sebagai media informasi tambahan yang dapat mempermudah  mobilitas masyarakat sekolah menuju tempat yang dituju dengan lebih jelas lagi. 

SOLUSI PENGADAAN PLANG PENUNJUK ARAH

SOLUSI PENGADAAN PLANG PENUNJUK ARAH

Siteplan Sekolah atau guide maps sign system merupakan media pendukung yang digunakan dalam perancangan media informasi ini. Di dalam siteplan akan terpampang secara detail yang memuat segala informasi mengenai gambaran lokasi sekolah. Penempatan siteplan sekolah ini sebaiknya diletakan di luar area kantor atau kelas, misalnya di beranda, halaman, atau front office agar pengunjung yang datang dapat mengetahui berbagai fasilitas di dalam sekolah.

Dengan perancangan plang penunjuk arah di sekolah ini diharapkan dapat memberikan solusi dalam menciptakan ketertiban dan pelayanan terbaik di dalam instansi sekolah yang sesuai standar aturan internal sekolah.

Dalam perancangan sistem penunjuk arah di sekolah sebaiknya mengikuti kiat-kiat berikut ini :

1. Mudah Dilihat 

Penempatan plang penunjuk arah harus memikirkan titik poin pemasangan secara tepat, yaitu ditempat yang mudah diakses / dilihat orang. 

2. Mudah Dibaca

Bentuk huruf (tipografi) yang digunakan dalam penulisan plang penunjuk arah sebisa mungkin memiliki ukuran dan warna yang proposional, dapat terbaca baik siang maupun malam. 

3.Mudah Dimengerti

Bentuk penulisan yang tertera pada plang penunjuk arah sebaiknya mudah untuk dipahami oleh semua kalangan usia. Bentuk tulisan juga sebisa mungkin simple namun akurat dalam penyampaian pesan.

4.Dapat Dipercaya 

Hati-hati betul dalam penyusunan komponen desain visual, karena media informasi yang satu ini harus mengutamakan kebenaran informasi. Sebagai plang penunjuk arah harus menyampaikan informasi yang benar dan dapat dipercaya, jangan sampai jadi menyesatkan.

SOLUSI PENGADAAN PLANG PENUNJUK ARAH




Sebagai media penunjuk arah tentunya harus bisa menciptakan komunikasi visual dengan para penggunanya. Dalam perkembangannya, plang penunjuk arah juga mengalami secara fungsional. 

Pertama, Plang penunjuk arah memiliki fungsi utamanya yaitu sebagai tanda petunjuk dan informasi. Tanda ini berfungsi mengarahkan dan menginformasikan dimana ruangan / lokasi berada. 

Kedua, plang penunjuk arah, yang mencakup tanda-tanda, symbol, karakter khusus yang mengarahkan atau membedakan suatu objek tertentu dalam kaitannya dengan ketertiban dan prosedur di suatu  ruangan, seperti tempat ibadah, UKS, perpustakaan, laboratorium, fasilitas inklusi, toilet, dan lain-lain. 

Ketiga, tanda pengenal, merupakan tanda yang digunakan untuk membedakan objek yang satu dengan lainnya misalnya identitas ruangan, kantor, dan gedung. Yang terakhir adalah tanda larangan dan peringatan. Tanda ini bertujuan menginformasikan hal-hal yang boleh dilakukan, berhati-hati maupun yang dilarang.


PLANG PENUNJUK ARAH DAN RAMBU DI SEKOLAHPLANG PENUNJUK ARAH DAN RAMBU DI SEKOLAH

PLANG PENUNJUK ARAH DAN RAMBU DI SEKOLAHPLANG PENUNJUK ARAH DAN RAMBU DI SEKOLAH
PLANG PENUNJUK ARAH DAN RAMBU DI SEKOLAHPLANG PENUNJUK ARAH DAN RAMBU DI SEKOLAH

PLANG PENUNJUK ARAH DAN RAMBU DI SEKOLAHPLANG PENUNJUK ARAH DAN RAMBU DI SEKOLAH
PLANG PENUNJUK ARAH DAN RAMBU DI SEKOLAHPLANG PENUNJUK ARAH DAN RAMBU DI SEKOLAH
PLANG PENUNJUK ARAH DAN RAMBU DI SEKOLAHPLANG PENUNJUK ARAH DAN RAMBU DI SEKOLAH
PLANG PENUNJUK ARAH DAN RAMBU DI SEKOLAHPLANG PENUNJUK ARAH DAN RAMBU DI SEKOLAH



Konsultasikan kepada kami untuk kebutuhan Plang Penunjuk Arah dan Rambu di Sekolah. Ketersediaan fasilitas penunjuk arah dan rambu di sekolah, sebagai media informasi yang bertujuan untuk menertibkan dan memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat sekolah khususnya, ketika beraktifitas di lingkungan sekolah. Selain itu dengan dibuatnya fasilitas penunjuk arah dan rambu di sekolah tersebut pada akhirnya bisa meningkatkan citra sekolah sebagai Sekolah Ramah dan Informatif, karena telah memiliki media visual informasi yang lengkap yang berguna secara internal maupun eksternal sekolah.


SEKOLAH ANDA MEMBUTUHKAN SARANA PLANG MEDIA INFORMASI ?

Hubungi kami : 

KIREINA MEDIA

Workshop :
Jl. M. Syafrie Rachman, Belinyu, Bangka

Chat Whatsapp kami klik link di bawah ya











Tidak ada komentar

Selamat Datang di Kireina Media. Terima kasih telah mengunjungi Website kami dan berpartisipasi positif untuk kami. Semoga interaksi ini bisa mewujudkan suatu kebaikan, bisa berujung sebuah kerjasama yang saling menguntungkan. Salam silaturahmi kami untuk Anda.

Diberdayakan oleh Blogger.