Katalog SIPLAH | KIREINA MEDIA

Katalog SIPLAH Blibli

Mengapa Visi dan Misi Sekolah Penting untuk Dipamerkan ?

Mengapa Visi dan Misi Sekolah Penting untuk Dipamerkan ?


Sekolah sebagai institusi pendidikan tentu memiliki arah atau target pencapaian dalam setiap aktifitasnya. Dalam kaitannya secara fungsional sekolah memiliki peranan sebagai institusi pencerdas bangsa, yang implementasinya dalam kehidupan sekolah melingkupi pengembangan peserta didik dalam aspek imtaq (iman dan taqwa), nilai moral (karakter), intelektual dan perkembangan fisik secara optimal. Hal inilah yang berikutnya kita sebut dengan Visi dan Misi Sekolah.



Visi Misi Sekolah

Visi dan misi sekolah bukan hanya menjadi dokumen tertulis yang tersimpan dalam agenda sekolah saja. Masyarakat Sekolah baik secara internal maupun eksternal perlu mengerti apa tujuan yang akan dicapai dan diperlukan langkah strategis apa yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Membekali masyarakat sekolah dengan informasi visi dan misi sekolah akan memberikan haluan yang jelas dalam setiap aktifitas yang dilakukan. Sebagaimana guru dan siswa melakukan aktifitas belajar mengajar, peran sekolah secara intensif dengan para wali murid, serta interaksi sekolah dengan warga sekitar sekolah yang kesemuanya itu menjadi bagian dari refleksi visi dan misi sekolah .

Setiap sekolah sebagai institusi pendidikan wajib mengedepankan, menegaskan dan "memamerkan"  (baca : menampilkan) visi dan misi ke masyarakat sekolah agar menjadi komando dalam setiap alur kegiatan yang dijalankan supaya tetap pada tujuan (on the rule). Dengan demikian masyarakat sekolah dapat menyamakan gerak dan langkah untuk bersatu menjaga nahkoda sekolah, jangan sampai  berjalan menyimpang dari arah tujuan serta mencari solusi bersama saat bertemu dengan hambatan-hambatan dalam aktifitas sekolah.

Visi dan misi sekolah sebaiknya terpampang dengan bagus di halaman sekolah Anda. Supaya dapat terlihat dan menjadi perhatian masyarakat sekolah. Jangan menganggap sepele hal ini, karena sebuah visual dapat mempengaruhi alam bawah sadar audiens jika setiap hari kita menatapnya dan membacanya. Secara tidak langsung visual yang terekam dalam ingatan itu dapat menuntun pola berfikir kita sehingga dalam pengaplikasiannya di setiap aktifitas kita akan mengarah menuju visi yang diharapkan.





Mari kita analogikan sebuah sekolah dengan sebuah perusahaan. Bahwa setiap sekolah itu juga memiliki output produk seperti halnya sebuah perusahaan atau toko. Outputnya yaitu kompetensi yang dimiliki oleh para lulusan dimana kompetensi yang diterima oleh para siswa dapat dinilai baik saat mereka terjun di masyarakat dan saat mereka masuk ke dunia kerja. Selaras dengan apa yang diharapkan sebuah perusahaan bagaimana produk mereka bisa diterima dan memiliki value untuk masyarakat luas. Hal lain yang dicemaskan oleh sekolah adalah penurunan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas sekolah yang disaat ini sudah banyak terjadi di sekotar kita. Diantaranya sekolah yang tutup ataupun nyaris tutup karena mereka sulit mendapatkan siswa, mereka karena kalah saing dengan sekolah lain. Hal ini juga menjadi PR sekolah bagaimana sekolah mampu bertahan di tengah persaingan para kompetitor. Visi Misi sekolah menjadi salah satu pemicu supaya sekolah mampu menciptakan School Branding, yaitu sebuah upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk menjadikan sekolah mereka dikenal, diingat dan dipercaya sebagai institusi pendidik yang handal oleh masyarakat luas. Sekolah yang sudah memiliki brand berkualitas akan membuat masyarakat dan dunia kerja semakin antusias dan yakin bahwa output yang dihasilkan tidak akan mengecewakan. Begitu juga disisi orang tua siswa, bahwa menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut adalah sebuah langkah yang tepat dan bisa menetapkan rencana masa depan untuk anaknya.

Kireina Media turut memfasilitasi dan menjadi bagian dari langkah besar sekolah ini dengan menyiapkan Plang Visi Misi Sekolah yang spektakuler untuk sekolah Anda. Desain Visual yang mampu menghasilkan eye catching dan informasi yang persuasif ini tentunya sebuah faktor awal yang penting. Sebuah Plang Visi Misi dengan kualitas unggul, kontruksi besi yang kokoh dan kualitas cetakan yang solid dan tahan lama, semoga bisa membantu mewujudkan upaya sekolah dalam mensosialisasikan Visi Misi Sekolah secara optimal.

Jasa Pembuatan Plang Visi Misi Sekolah

KIREINA MEDIA


Workshop.
Jl. M. Syafrie Rachman, Belinyu, Bangka,
Prov. Kepulauan Bangka Belitung

Telp/WA. 085357450091


atau klik tombol di bawah ini untuk terhubung dengan Admin kami.




Berikut beberapa contoh Papan Visi Misi 




Visi Misi SekolahVisi Misi Sekolah

Visi Misi Sekolah

Visi Misi SekolahVisi Misi Sekolah

Visi Misi SekolahVisi Misi Sekolah

Tidak ada komentar

Selamat Datang di Kireina Media. Terima kasih telah mengunjungi Website kami dan berpartisipasi positif untuk kami. Semoga interaksi ini bisa mewujudkan suatu kebaikan, bisa berujung sebuah kerjasama yang saling menguntungkan. Salam silaturahmi kami untuk Anda.

Diberdayakan oleh Blogger.